Gampang Menulis Arab dengan ARABIC PAD

Posted by USOFT 8/18/2011 11:18:00 AM, under |

Arabic pad adalah sebuah editor sederhana seperti notepad, tetapi didesain untuk menulis teks arab, khususnya untuk windows versi non Arabic (atau non Arabic keyboard ). Program ini mengkostumisasi keyboard sehingga mendekati ke lafal huruf arab (lihat Peta Karakter untuk lebih detailnya) .

Perkenalan
Dengan menggunakan teknik ini, saya berharap menulis arab menjadi lebih mudah
Arabic pad adalah sebuah software gratis dan portable, dan dapat bekerja pada 2000, XP, 2003, Vista, Windows 7 and up, sepanjang operasional systemnya mendukung Unicode (belum pernah diujicoba pada Windows 95/98)

Setting Komputer
Sebelum anda dapat menggunakan program ini , anda harus melakukan penyesuaian regional setting dengan menambahkan Supplemental language Support (right-to-left languages), jika sesudah menjalankan program ini tetapi teks tidak berjalan semestinya, teks masih bermargin kiri atau teks menjadi rusak, maka anda harus melakukan langkah-langkah sebagai berikut
1. Buka Control Panel
2. Pilih Regional and Language Options
3. pilihLanguages tab
4. Dan centang pada opsi “Install files for complex script and right-to-left (Including Thai)” lalu klik Apply.
5. Masukkan CD Windows Installer dan cari lokasi path yang diminta.
6. ikuti langkah selanjutnya sampai computer meminta untuk restart, lakukan restart.

Jika langkah-langkah diatas tidak bekerja dengan baik, mungkin anda harus menginstall Universal Font. For Microsoft Office user, anda dapat menambahkannya dari CD instalasi , dengan mengikuti langkah berikut :
1. Buka Control Panel
2. Pilih Add or Remove Programs
3. Pilih Microsoft Office and klik Change
4. pilih Add of Remove Features klik Next
5. Langkah selanjutnya, centang opsi “Choose Advanced Customization of Applications” lalu klik Next
6. pada tree view, Select: Office Shared Features > International Support > Universal Font (klik dan pilih Run from my Computer dari drop down menu)
7. Click Update

Setelah setting computer selesai anda dapat mulai menggunakannya dengan mngeksekusi ikon Arabic Pad. Tulisan arab akan tampil dalam aplikasi semacam notepad dan anda dapat mengkopi-pastenya pada file word sesuai kebutuhan.
Ok buat anda yang berminat silahkan download filenya disini ARABIC PAD v 1.4
selamat mencoba





|

Petunjuk Hidup

Arsip Blog

Categories